Trending News

Workshop Tenun Sumba di Best Angkat Peran Emansipasi Wanita Penenun dan Kearifan Lokal


Laporan : Ine WowoRuntu.
Dutanusa.com (Belanda)

Kuku tangan berona indigo, tekun menenun pekan demi pekan, di sela pekerjaan mulia mengurus anak dan rumah tangga. Dalam masyarakat Sumba, wanita dengan kuku bertelau biru artinya adalah wanita ideal, karena dia pandai menenun dan pekerja keras. Selain mengurus rumah tangga, ia juga pencari nafkah.

Namun sejak pandemi COVID-19, sumber penghasilan mereka dari menenun menurun drastis. Untuk itu, pemerintah daerah di NTT bekerja sama dengan sejumlah universitas di Indonesia dan Belanda telah melakukan pembinaan terhadap lebih dari 15 desa penghasil tenun Sumba ini.

 

 

Pembinaan ini dilakukan untuk memelihara keaslian cara dan tradisi menenun serta motifnya yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

Kerja sama juga dilakukan di bidang riset teknologi menenun yg menggunakan bahan alami, ramah lingkungan, zero waste, dan berkelanjutan.

Itulah sekilas pengenalan tentang profil wanita penenun di Sumba yang digambarkan Betty T. Sari, pemerhati wastra Indonesia, yang mengisi workshop Tenun Sumba di De Bibliotheek Best pada 21 April 2022, bertepatan dengan Hari Kartini.

 

 

Peserta workshop diberikan pemahaman bahwa dibalik indahnya Tenun Sumba, terdapat peran emansipasi wanita yang sangat penting di masyarakat Sumba. Betty juga menjelaskan tentang kualitas tenun Sumba yang keseluruhan prosesnya berasal dari kearifan lokal dan 100% dibuat dari bahan alami. Dalam workshop, peserta juga mencoba untuk menggambar corak Tenun Sumba yang khas.

Workshop Tenun Sumba ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka Bulan Budaya Indonesia yang setiap tahun diadakan Stichting Hibiscus dengan tema beragam di kota Best, sebagai kegiatan promosi kebudayaan bekerja sama dengan KBRI Den Haag. ( KEV )

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

1 Comment

  1. Ina Hungai

    Promosi dan advokasi publik yang sangat baik. Mari terus kita wartakan narasi perempuan menjaga budaya dan generasi

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team