Trending News

Adam Setiawan, Atlet muda Diaspora Indonesia dengan prestasi Nasional dan Internasional

Laporan: Benyamin Rasyad

Dutanusa.com (Amerika Serikat)

Waktu kami temui, Adam, baru saja menyelesaikan latihan bersama team demo taekwondo-nya yang rata-rata berusia diatas usianya yang baru 9 tahun. Team demo dari sekolah taekwondo “Master Lee’s World Champion” di Katy, Texas ini akan mengikuti pertandingan demo taekwondo di Dallas, Texas bulan Maret yang akan datang.

Adam yang bernama lengkap Adam Benyamin Setiawan ini, diusia yang masih sangat muda sudah berhasil meraih berbagai prestasi di cabang olah raga taekwondo di berbagai event pertandingan tingkat, lokal, negara bagian Texas, National Amerika Serikat dan bahkan International.

Adam mulai belajar seni bela diri taekwondo sejak berumur 3 tahun, walaupun pada awalnya hanya untuk bermain-main saja, tapi orang tuanya melihat bahwa Adam sangat menyukai “mainan” ini. Pada waktu berumur lebih kurang 5 tahun orang tuanya memasukkan Adam ke sekolah Taekwondo yang lebih serius yaitu “Master Lee’s World Champion Taekwondo” yang dimiliki oleh seorang pakar Taekwondo yang pernah menjadi juara dunia demo Taekwondo.

Adam sangat beruntung mendapatkan sekolah yang tepat dengan guru-guru dan pelatih bermutu yang mempunyai reputasi Nasional dan Internasional. Disekolah ini bakatnya tersalurkan dengan sangat baik. Dalam waktu beberapa tahun Adam telah mengikuti beberapa pertandingan di tingkat lokal di Houston, tingkat negara bagian Texas dan tingkat Nasional Amerika Serikat serta berbagai pertandingan International baik yang dilaksanakan secara online atau langsung.

Waktu berusia 6 tahun, tahun 2018 Adam memenangkan medali emas untuk Individual forms usia 6-7 tahun di Houston Open Taekwondo Championship, Texas Open Taekwondo Festival, dan Texas Open Taekwondo Championship

Pada tahun 2019 Adam kembali memenangkan medali emas di Houston Open Taekwondo Championship, Texas State Championship dan berbagai pertandingan bergengsi tingkat Nasional seperti 2019 US National Championship dan 2019 Texas Open Championship

Pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19 aktifitas pertandingan Adam sedikit berkurang, namun demikian Adam ikut suatu event bertaraf Internasional yaitu 2020 Seoul Cup International Open di Korea Selatan yang dilakukan secara online. Adam berhasil mengalahkan atlet dari Korea Selatan dan memenangkan medali emas. Adam juga mendapatkan medali emas di pertandingan online US Open Hanmadang Taekwondo dan Summer of Poomsae yang diselenggarakan oleh asosiasi Taekwondo USA.

Pada tahun 2021, Adam kembali memenangkan berbagai medali pada pertandingan di tingkat Nasional dan Internasional antara lain:

Medali perunggu pada Virtual JCUK Open Poomsae Championship di United Kingdom, 3rd Lents TKD Worldwide Sports Online Poomsae di Denmark,

Medali perak pada 2021 ATU Club Poomsae Open Championships,

Medali emas pada Amateur Athletic Union Tournament (AAU) Virtual Winter National, Region 9 TKD Championship AAU, US Open Online Poomsae Championships

Selain itu Adam juga meraih medali emas pada 2021 US Grand Prix – Central USA TKD, US National Championship USA TKD, AAU TKD Fall Virtual Nationals, dan Poomsae Spooktacular USA TKD.

Salah satu prestasi terbaik Adam tahun 2021 adalah memenangkan medali emas pada Global TKD Championship Philippines Taekwondo Association di Manila, Philippine yang diselenggarakan secara online.

Selain memenangkan berbagai tournament baik di dalam negeri dan Internasional, yang sangat menggembirakan adalah Adam mendapat perhatian khusus dari pimpinan tertinggi Asosiasi taekwondo di Amerika Serikat. Dia terpilih sebagai atlet akademi nasional yang akan dipersiapkan untuk mewakili Amerika Serikat dalam berbagai event taekwondo di tingkat Internasional. Seperti kita ketahui, “pembibitan” atlit di negara besar seperti Amerika Serikat dan China dimulai pada usia dini. Adam adalah anggota termuda dari team Akademi Nasional Taekwondo Amerika Serikat ini. Adam sekarang mengikuti pelatihan secara reguler di training center team Amerika Serikat di Colorado Springs, Colorado.

Dalam usia yang semuda itu (9 tahun) Adam sekarang sudah menyandang Second Degree black belt (Dan 2 Taekwondo).

Semoga satu saat kita akan dapat menyaksikan anak dari pasangan Aristo Setiawan dan Erika Benyamin ini dalam event-event taekwondo bertaraf International. Walaupun tidak mewakili Indonesia tapi prestasi Diaspora muda Indonesia ini sungguh membanggakan bangsa Indonesia. *

 

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team