Trending News

Hadapi Bonus Demografi, Menpora Amali Minta Kader IMM dan Pemuda Muhammadiyah Kreatif, Inovatif, Punya Kemandirian dan Berdaya Saing

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengingatkan kader IkatanMahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan PemudaMuhammadiyah tentang tantangan yang dihadapi para pemuda kedepan, salah satunya bonus demografi dimanausia produktif nantinya lebih banyak.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta, Dutanusa.com. Menteri Pemuda dan OlahragaRepublik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amalimengingatkan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Pemuda Muhammadiyah tentang tantanganyang dihadapi para pemuda kedepan, salah satunyabonus demografi dimana usia produktif nantinya lebihbanyak.

Hal tersebut disampaikan Menpora Amali saat memberiKuliah dalam acara pelantikan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) periode2021-2023 dengan temaInklusif Berkemajuan” di kampusUniversitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, Minggu(28/11).

“Di depan kita akan berhadapan dengan bonus demografiyang isinya anak-anak muda yang ada sekarang. Kalaukita tidak siap, maka pasti bonus demografi itu akanmenjadi mudharat, bukan menjadi manfaat buat bangsaini,” ujar Menpora Amali mengingatkan.

Tantangan yang dihadapi pemuda dulu dan sekarangmenurut Menpora Amali sangat berbeda. Kalau dulu, aktivitas organisasi kepemudaan mereka seringmendiskusikan terkait ideologi, politik dan berbagai halyang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

Sekarang, itu kalau ditawarkan kepada anak-anak mudamereka agak kurang tertarik. Padahal sekarang luar biasapengaruh ilmu pengetahuan dan ekonomi. Kemudianbagaimana pengaruh digitalisasi di kalangan milenial,” jelasnya.

Dengan demikian, kata Menpora Amali, karena tantangansudah berbeda, terutama terkait bonus demografi makasalah satu program yang ada di Kemenpora terkaitkepemudaan yakni mendorong anak-anak muda baikyang tergabung dalam organisasi kepemudaan maupunyang non organisasi pemuda untuk kreatif, inovatif, punya kemandirian dan berdaya saing.

“Karena kalau enggak, kedepan persaingan sangat ketatbaik di dalam negeri maupun dengan anak-anak mudakita yang berada di luar negeri. Oleh karena itu, anakmuda kita harus dibekali dengan kemampuan yang luarbiasa sehingga dia mampu bersaing,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali memuji dan mengapresiasi sikap inklusif yang diterapkan organisasiMuhammadiyah dan dicontohkan oleh pendirinya KH. Ahmad Dahlan untuk menerima pendapat dan pandanganpihak lain terutama tentang Kebhinekaan.

Konsistensi dari Muhammadiyah dan diikuti oleh organsiasi dibawahnya yang tetap inklusif, saya kira inisatu model pengelolaan sebuah gerakan, sebuahperserikatan sebuah organisasi. Disamping menaungiumat juga punya tanggung jawab, terhadap bangsa dan negara,” ujarnya.

Disamping itu, lanjutnya, sebelum organisasi-organisasilain memperhatikan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, namun Muhammdiyah suah mengawalinya.

Sehingga kita saksikan perguruan tinggi Muhammadiyah di berbagai tempat, rumah sakit Muhammdiyah di berbagitempat, dan juga lembaga ekonomi Muhammdiya adadimana-mana,” tukasnya.

Bahkan ada satu hal yang menarik, lanjut Menpora Amali, dimana Muhammdiyah saat ini satu-satunya organisasidakwah yang memiliki klub sepakbola di Liga 2 Indonesia. skrg punya klub sepakbola liga 2, klub hizbul wathan, iniluar biasa.

“Saya tadinya tidak percaya, tapi begitu disampaikannama klubnya PS Hizbul Wathan, oh pastiMuhammadiyah ini,” katanya.
Dengan berbagai capaian Muhammadiyah tersebut, Menpora Amali meminta IMM dan PemudaMuhammadiyah untuk mengikutinya termasuk dalammenciptakan start up-start up di era digital ini

“Saya sampaikan kepada kader HMI waktu merekadatang ke tempat saya, kami dulu diskusi tentang ideologidan lain-lain itu sampai subuh, saking asiknya subuhnyakelewatan, sekarang waktunya mulai dirubah, GPS-nyasudah berubah, tantangan sudah mulai berubah, tantangdunia juga sudah berubah. Nah inilah yang dimaksuddengan kemajuan,” ucapnya.

Ilmunya banyak di Muhammdiyah ini, Inslusif dan bekemajuan, kalau ini dikembangkan dengan baik makayang lain silakan meniru. Tetapi jangan yang lain sudahmeniru IMM-nya ketinggalan,” pesannya.(Kemenpora)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team