Trending News

Temui Menteri Urusan Islam dan Menteri Urusan Haji dan Umrah, Menag RI Bahas Islamic Center dan Umrah

Jakarta, Dutanusa.com. Memenuhi undangan Menteri Urusan Islam Kerajaan Arab Saudi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas lakukan lawatan kerja ke Arab Saudi bersama rombongan sejak 19 – 25 November 2021 gunamembahas berbagai kerja sama, di antaranya mengenaipendirian Islamic Center dan kelanjutan umrah bagijemaah asal Indonesia. 

Menag RI memulai rangkaian lawatan dengan menemuiMenteri Urusan Islam, Dr. Abdullatif Al Sheikh pada 20 November 2021 guna membahas pembangunan Saudi-Indonesia Islamic Centre di Indonesia yang akandiarahkan menjadi pusat kajian dan pengembangandakwah. Kedua belah pihak juga sepakat untukmeningkatkan kerja sama di bidang pencegahanberkembangnya paham radikal.

Menag RI juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Dr. Taufiq Rabiah pada 22 November guna membahas kelanjutan umrah bagi jemaah asalIndonesia. Dalam pertemuan tersebut, Menteri Haji dan Umrah Dr. Taufiq Rabiah memberikan jaminan izin umrah bagi jemaah asal Indonesia bakal segera dibuka.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikanpihaknya berjanji akan segera menghubungi Menag RI secara langsung setelah pembukaan umrah bagi jemaahIndonesia diputuskan oleh Komite Tinggi Haji Arab Saudi yang dipimpin oleh Gubernur Mekkah Pangeran Khalid Faisal. 

Dalam pertemuan tersebut, Menag RI didampingi oleh Ketua Komisi VIII DPR RI, Sekjen Kemenag RI, DirjenPHU, Konjen RI Jeddah, dan KUAI KBRI Riyadh.

Kedua belah pihak akan segera mempersiapkan skenariodan timeline pemberangkatan jemaah umrah dariIndonesia, termasuk pembahasan aspek kesehatanseperti vaksin, booster, tes PCR, serta lama karantinabagi yang belum memenuhi syarat.

Berkaitan hal tersebut, Konsul Jenderal RI Jeddah EkoHartono mengimbau para calon jemaah umrah agar bersabar hingga ada keputusan resmi dari Pemerintah. Langkah kehati-hatian yang diambil Pemerintah Arab Saudi semata karena ingin menjamin keselamatan umumdari ancaman wabah Covid-19, khususnya keselamatanjemaah umrah.

Sebaiknya bersabar menunggu keputusan dariPemerintah agar para jemaah nantinya bisamelaksanakan umrah dengan nyaman dan aman,” ujarKonjen usai mendampingi Menag

Selain kedua pertemuan tersebut, Menag Yaqut juga melakukan pertemuan dengan Gubernur MekkahPengeran Khalid Faisal yang sekaligus menjabat sebagaiKetua Tinggi Komite Haji, serta direncanakan pula melakukan pertemuan dengan Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman. 

Sebelum terjadinya pandemi, jemaah umrah asalIndonesia merupakan delegasi terbesar kedua setelahPakistan, dengan angka kunjungan kurang lebih 1,2 jutapertahunnya. Gelombang umrah dari seluruh dunia mulaiditutup pada pertengahan Maret 2020 setelah pandemimelanda seluruh dunia. (Kemenlu)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team