Trending News

Siswa SRIT Juara Meguro City Junior High School English Speech Contest 2021

Jakarta, Dutanusa.com. Meguro City Council dan Meguro Board of Education bekerja sama dengan SekolahRepublik Indonesia Tokyo (SRIT) mengadakan English Speech Contest 2021 bagi siswa-siswi jenjang SekolahMenengah Pertama/ Junior High School (SMP) di wilayah Meguro, Tokyo.
Kegiatan berlangsung  meriah dengan selingan tampilanvideo drama Bahasa Jepang dan suguhan tim angklung interaktif yang sangat apik dari siswa siswi SRIT, dihadirioleh Wali Kota Meguro Eiji Aoki, Pengawas Badan Pendidikan Meguro, Yoshitaka Sekine dan Ketua Meguro City Assembly, Yashuhiro Onose serta dibuka Wakil Kepala Perwakilan RI Tokyo, Tri Purnajaya.
Kepala SRIT, Saidan, menilai acara ini bermanfaatmemupuk persahabatan antar siswa antar sekolah dariberbagai bangsa. “Kegiatan lomba tahun 2021 adalahuntuk ke empat kalinya dapat dilaksanakan secaralangsung di podium setelah 2 tahun dihentikan karenapandemi covid-19 dan untuk pertama kalinyadilaksanakan di SRIT – KBRI Tokyo,” ujar Saidan, pada acara yang diselenggarakan di Aula Kampus SRIT, Sabtu(17/11).

Dengan dukungan dan kehadiran kepala sekolah, guru dan orang tua, para peserta dengan semangat tinggimenampilkan pidato Bahasa Inggris dengan baik dan percaya diri dengan topik beraneka ragam seperti My Memorable Thing oleh Haruka Shiratsuchi dari SMP Nippon Institute of Technology Komaba, My Dream oleh Radifan Hafidz Wibisono dari Tokyo Indonesian School (SRIT); The Woman Whom I Respect oleh Aya Bettinkdari SMPN 8 Meguro City Tokyo, Tea Ceremony oleh Reiko Ishiwada dari SMP Higashiyama Meguro, My Treasure oleh Yukino Fujita dari SMP Nippon Institute of Technology Komaba, An Unexpected Gift oleh Koharu Kawakami dari SMPN 8 Meguro City Tokyo dan Space Exploration oleh Ichiro Alnair Susetio dari Tokyo Indonesian School (SRIT).
Pada kegiatan lomba tahun ini dengan juri Mr. KiichiSugawara (Jepang), Mr. Tom Pearce (USA) dan Fred Mc. Neely (USA) kini tampil sebagai juara adalah Ichiro Susetyo (Best Speech Delivery) dari SRIT, Aya Bettink(Best English) dari SMPN 8 Meguro Tokyo dan Reiko Ishiwada (Best Content) dari SMPN Meguro Higashiyama.
Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Wakil Duta Besar Tri Purnajaya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerja samaPemerintah Meguro dengan KBRI Tokyo di bidanghubungan antar masyarakat dan pendidikan yang selamaini berjalan dengan sangat baik, di antaranya dukungandan diterimanya  keberadaan SRIT yang merupakanbagian dari KBRI Tokyo yang terletak di Meguro.
“English Speech Contest bagi siswa-siswi SMP se-Meguro di SRIT ini juga salah satu wahana untuk memupukpersahabatan antar siswa, antar sekolah dan antarbangsa serta meningkatkan wawasan global bagi anak-anak muda dari berbagai bangsa yang kelak akanmenggantikan kita menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai sektor, bidang dan tingkatantambah beliaudalam bahasa Inggris yang sangat fasih.
Walikota Meguro, Eiji Aoki, dalam sambutan singkatnyajuga menyampaikan dukungan dan rasa bangganyakegiatan antar bangsa tersebut dilaksanakan untukpertama kalinya di luar sekolah Jepang. “Sebagai KepalaMasyarakat Meguro, saya bangga dan sangat mendukungkegiatan lomba untuk anak-anak muda kita ini,” ungkapnya dalam bahasa Inggris khas Jepang yang disampaikan dengan gaya humoris, ramah, dan penuhsenyum.
Saidan, dalam kesempatan ini, turut menyapa dan menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepadapara tamu undangan, para juri, kepala sekolah, guru, orang tua siswa, panitia dan peserta dari berbagaisekolah. “Selamat datang di SRI Tokyo dan selamatmengikuti lomba. Adalah kehormatan bagi warga SRIT-KBRI Tokyo sebagai tuan rumah kegiatan ini. SRIT adalahtetangga yang memiliki misi dan tanggung jawab yang sama untuk membentuk anak-anak muda menjadigenerasi bangsa yang lebih baik,” ujar Saidan dalamBahasa Inggris.
Sementara itu, Atase Pendidikan dan KebudayaanRepublik Indonesia di Tokyo, Yusli Wardiatno, yang dihubungi secara terpisah mengaku sangat bangga atasprestasi yang dicapai siswa SRIT. Prestasi inimembuktikan bahwa dari sisi proses belajar mengajardalam mata pelajaran bahasa Inggris tidak kalah dengansekolah umum Jepang. Kami akan terus dorong agar siswa SRIT dapat berprestasi pada kompetisi di bidanglainnya ke depan,” terang Yusli dengan optimis, Senin(22/11).
Setelah prosesi penyerahan trofi dan piagam bagi para juara dan peserta, kegiatan lomba Meguro City English Speech Contest Tahun 2021 bagi Pelajar SMP se-Kota Meguro ditutup ramah tamah di Balai Budaya Indonesia dengan dipandu Koordinator Panitia Kanako Kobayashi dan Roosnawati serta permainan angklung interaktif yang dilatih dan dipandu Guru SRIT, Arie Nursanti didampingiRina PD Kusumaningrum, Erna Syafitri, dan sejumlahguru serta tenaga kependidikan SRIT lainya. (Kemenlu)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team