Trending News

Aktivitas Ekonomi Kembali Normal, Presiden: Waspada Ketidakpastian Global

Presiden Jokowi pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2021, Selasa (24/11/2021).(Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Jakarta, Dutanusa.com. Aktivitas ekonomi masyarakatIndonesia sudah kembali pada posisi normal sepertisebelum adanya pandemi COVID-19. Namun, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau seluruh masyarakatuntuk tetap waspada terhadap ketidakpastian global yang tengah terjadi.

Hal ini disampaikan Presiden saat memberikan arahanpada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun2021 di Grand Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021). “Kalau kita lihat di urusan konsumsi, indeks keyakinan konsumen sudah kembali pada posisinormal kembali seperti sebelum pandemi. Kemudian juga retail and sales index juga sudah mulai merangkak naik menguat seiring dengan pelonggaran mobilitas,” ucapPresiden.

Kepala Negara menuturkan bahwa berdasarkan laporanKementerian Keuangan, capaian pajak, bea dan cukaiterpantau berjalan dengan baik. Namun, Presidenmengingatkan untuk tetap memperhatikan ketidakpastianglobal. “Pajak sangat baik, bea dan cukai juga sangatbaik, PNPB juga sudah lebih dari 100 persen, ini baiksemuanya. Tumbuh 18,2 (persen) YoY, angka yang sangatbesar sekali. Tapi sekali lagi, ketidakpastian itu selalumengintip, hati-hati. Kita tetap optimistis tapi tetap harushati-hati,” tuturnya.

Selanjutnya, Presiden mengatakan bahwa purchasing managers’ index (PMI) juga sudah menunjukkan angkayang lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi. “Manufaktur, pabrik, industri pasti akan berproduksikarena dilihat ada demand. Inilah angka yang sangattinggi sekali 57,2 persen. Pabrik, industri, perusahaanmelihat bahwa ada sebuah prospek permintaan,” lanjutPresiden.

Di samping itu, Presiden Jokowi mengapresiasi jajaranpemerintah dalam ranah keuangan atas kerja samanyadalam menghadapi permasalahan selama masa pandemi. Menurutnya, permasalahan tersebut membutuhkan kehati-hatian karena sulit untuk dikalkulasi. “Kita patut berterimakasih jajaran Bank Indonesia, jajaran pemerintahutamanya di Kementerian Keuangan dengan OJK, LPS komunikasinya sangat baik, sangat baik. Bisa salingmengisi pada masalah kecil saja langsung ketemu,” ucapKepala Negara.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris KabinetPramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PerdaganganMuhammad Lutfi, Menteri Komunikasi dan InformatikaJohnny G. Plate, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Ketua BPK Agung FirmanSampurna, Ketua OJK Wimboh Santoso, dan PanglimaTNI Andika Perkasa. (Setkab)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team