Trending News

Minat Studi ke Belanda Pada Masa Pandemi Masih Tetap Tinggi


Laporan : Ine WowoRuntu.
Dutanusa.com (Belanda)

Sejak lama universitas di Belanda sangat diminati oleh siswa dari Indonesia untuk melanjutkan studinya. Terbukti dengan adanya organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia atau yang biasa disingkat PPI di kurang lebih enam belas kota besar di Belanda. Bahkan PPI Leiden di kota Leiden sudah berdiri sejak tahun 1922.

Wabah pandemi yang timbul pada akhir kwartal pertama 2020 memberikan dampak kepada kita semua termasuk dalam bidang pendidikan. Ketika itu tidak sedikit siswa yang ingin berkuliah di Belanda  terpaksa harus menunda dan bahkan membatalkan rencananya untuk studi ke Belanda dikarenakan kekhawatiran orangtuanya atas keselamatan dan kesehatan mereka bila harus jauh dari keluarga di tanah air. Bagaimana bila tiba-tiba terpapar dan jatuh sakit di negeri orang? Namun karena pandemi berlangsung lama dan ternyata kondisi pandemi di Belanda terkontrol dan berangsur membaik, animo untuk studi di Belanda kembali meningkat pada tahun ini.

Tahun ajaran baru 2021 ini universitas di Belanda secara bertahap kembali menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, tempat-tempat umum dibuka, pemakaian masker juga tidak lagi diwajibkan kecuali di kendaraan umum dan yang terpenting sistem penanganan kesehatan serta layanan rumah sakit di Belanda yang sangat baik sehingga banyak siswa dan para orangtuanya  tidak ragu untuk berangkat atau memberangkatkan putra-putri mereka untuk studi ke Belanda.

“Kami sangat memperhatikan seluruh rangkaian proses pendaftaran hingga keberangkatan para siswa ke Belanda. Kami ingin mereka semua menjalani proses dengan lancar dan tiba di negeri tujuan studi mereka, negeri kincir angin, dengan selamat.,’’ ujar Ponti Caroline dari GROW Dutch Universities Representative Office yang merupakan kantor perwakilan dari Rijksuniversiteit Groningen, Wageningen University & Research, Radboud Universiteit Nijmegen dan Hanze University of Applied Science.

“Sebagai orang tua yang anaknya sekolah di luar negeri semasa pandemi tentu saja saya khawatir. Mengingat anak-anak muda yang mungkin lebih mudah terpengaruh dengan kondisi sekitarnya, sehingga tidak taat protokol kesehatan seperti ketika berada dekat dengan orangtua. Namun saya percayakan semua kepada peraturan pemerintah setempat yang tentu akan melakukan yang terbaik untuk masyarakatnya.” tutur Cynthia Iskandar salah satu orangtua siswa yang memulai kuliahnya pada tahun ajaran 2021 ini.

(kev)

 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team