Trending News

Pelajar Indonesia, Ethiopia dan Belanda Bahas Isu Lingkungan Dalam IIESCOP Ke-3 2021

Jakarta, Dutanusa.com.  Pelajar sekolah menengah dari tiga negara, yaitu Indonesia, Ethiopia dan Belanda menegaskan bahwa setiap individu di bumi ini memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Karena lingkungan yang sehat akan melahirkan kualitas hidup yang baik dan meningkatkan produktifitas.

Itulah antara lain komitmen yang mengemuka dalam Internasional Indonesia-Ethiopia Students Correspondence Program (IIESCOP) ke-3 yang diselenggarakan secara hybrid oleh Kedutaan Besar RI di Addis Ababa bekerjasama dengan sejumlah sekolah menengah di Indonesia, Ethiopia dan Belanda, Jumat (22/10).

Acara dihadiri oleh sekitar 150 orang pelajar dari tiga negara tersebut, antara lain Edu Global School, Bandung; SMKN 1 Slawi, Jawa Tengah; SMKN 1 Dukuhturi, Jawa Tengah; SMKN 1 Adiwerna, Jawa Tengah; SMA Muhammadiyah 2 Mojoagung, Jawa Timur; SMK Muhammadiyah 3 Mojoagung, Jawa Timur; Wisdom Educational Academy, Ethiopia; dan Stichting Hibiscus, Belanda.

“IIESCOP adalah investasi sumber daya manusia internasional yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama antar negara dimasa depan dengan menanamkan bibit persahabatan dan konektifitas serta tukar pengetahuan dan pengalaman mulai dari usia dini, yaitu pelajar sekolah menengah,” kata Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur saat membuka IIESCOP ke-3 tersebut.

“Alangkah indah dan besar manfaat yang dapat kita petik nanti, mungkin setelah 10 tahun atau 20 tahun ke depan, apabila pelajar di berbagai negara bisa kita hubungkan, mengajak mereka bersahabat dan mulai mendiskusikan hal-hal penting yang menyangkut isu global dan bersifat lintas negara,” tambah Dubes Al Busyra.

Berbeda dengan IESCOP sebelumnya, IIESCOP ke-3 diikuti oleh pelajar dari 3 benua, yaitu Asia, Afrika dan Eropa yang membahas isu penting dunia.

“IIESCOP ke-4 direncanakan akan diselenggarakan Januari 2022, dengan melibatkan pelajar dari Amerika Serikat. Mereka sudah menghubungi kami dan mengatakan keinginan untuk bergabung dalam IIESCOP ke-4,” kata Dubes Al Busyra.

IESCOP ke-1 dan IESCOP ke-2 diselenggarakan tanggal 8 April 2021 dan 26 Juni 2021. Pelajar yang ingin mengetahui lebih lanjut dan bergabung dengan IIESCOP, dapat mengakses grup facebook, International Indonesia-Ethiopia Student Correspondence Program (IESCOP). *

(Kev)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team