Trending News

Bertemu Wakil Presiden Uni Eropa, Presiden Sampaikan Komitmen Indonesia Atasi Perubahan Iklim

Presiden Joko Widodo menerima Wakil Presiden EksekutifKomisi Eropa untuk Kebijakan Hijau Eropa dan Iklim Frans Timmermans, di Istana Merdeka, Senin (18/10/2021). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

 

Jakarta, Dutanusa.com. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki komitmen yang sangat kuat sebagai bagian dari solusi masalahperubahan iklim. Hal tersebut disampaikannya saatmenerima Wakil Presiden Eksekutif Komisi Eropa untukKebijakan Hijau Eropa dan Iklim Frans Timmermans, di Istana Merdeka, Senin (18/10/2021).

Sebagai salah satu pemilik hutan dan ekosistemmangrove terbesar, Indonesia menyadari posisistrategisnya,” ucap Presiden Jokowi seperti disampaikanMenteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi yang turutmendampingi Presiden.

Selain itu, Retno juga menyampaikan, Presidenmenegaskan bahwa isu perubahan iklim dan lingkunganhidup tidak dapat dilepaskan dari isu Sustainable Development Goals. Artinya perlu ada keseimbanganantara menjaga alam dan melakukan pembangunan.

Keseimbangan ini yang diperlukan dan keseimbangan inihanya akan tercapai jika kita bekerja sama,” ucap Retno. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan langkah-langkah konkret yang telahdicapai oleh Indonesia sebagai komitmennya dalammenangani perubahan iklim. “Seperti penurunan emisi 29 persen dan 41 persen dengan bantuan internasional pada 2030 sejauh ini berjalan baik.

Pemenuhan komitmen ini disumbang dari turunnyakebakaran hutan, penurunan emisi hutan dan tata gunalahan, deforestasi hutan yang mencapai tingkat terendah, dan rehabilitasi mangrove yang mencapai 600 ribuhektar,” ujar Retno.

Indonesia tidak ingin terjebak dalam retorika namunmemilih untuk bekerja memenuhi pengurangan emisisebagaimana komitmennya dalam Paris Agreement. Menlu Retno juga menyampaikan pandangan Presidenyang disampaikan kepada pihak Uni Eropa bahwa faktorteknologi dengan harga terjangkau (affordable technology) dan investasi sangat penting bagi semua negara untukmelakukan transisi energi. Dan disinilah kerja samamenjadi kunci bagi suksesnya transisi energi.

Turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalampertemuan tersebut adalah Menteri PerdaganganMuhammad Lutfi. (Setkab)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team