Trending News

Ini Harapan Ethiopia Dari Indonesia

Jakarta, Dutanusa.com.   Ada empat hal utama yang sangat diharapkan pemerintah daerah di Ethiopia dari Indonesia. Pertama, pembentukan kerjasama sister city; kedua, kerjasama perdagangan dan investasi; ketiga, membantu pengembangan pariwisata; dan empat, pemberian beasiswa.

Hal itu disampaikan kepada Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur ketika mengadakan pertemuan dengan pejabat pemerintah, dan pengusaha di kota Arba Minch, hari Minggu (10/10).

Arba Minch adalah kota berpenduduk sekitar 150.000 jiwa, yang terletak 500 km selatan kota Addis Ababa. Wilayah kota ini dikenal sebagai daerah yang sangat subur, gudang produk pertanian, serta maju di bidang teknologi irigasi dan pengairan.

“Pejabat pemerintah dan swasta mengenal Indonesia sebagai negara yang maju di bidang ekonomi, pendidikan dan pariwisata. Karena itu mereka ingin belajar banyak dari Indonesia,” kata Dubes Al Busyra.

Dalam dua tahun terakhir KBRI Addis Ababa terus meningkatkan hubungan dengan pejabat pemerintah dan non-pemerintah Ethiopia, tidak hanya di kota-kota besar seperti Addis Ababa, juga ke daerah-daerah yang memiliki potensi kerjasama.

“Tiga minggu lalu, KBRI Addis Ababa bekerjasama dengan negara bagian Oromia, yaitu Oromia Tourism Commission, menyelenggarakan seminar dan pelatihan di bidang pariwisata dengan narasumber dari Indonesia,” tambah Dubes Al Busyra.

Indonesia dan Ethiopia memiliki hubungan yang erat di berbagai bidang sejak dibukanya hubungan diplomatik kedua negara tahun 1961. Saat ini, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui kemajuan Ethiopia terutama di bidang ekonomi.

“Tahun 2007-2017, pertumbuhan ekonomi Ethiopia rata-rata di atas 10 persen, tertinggi di kawasan. Sekarang terdapat lima perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Ethiopia, negara berpenduduk 115 juta, nomor dua terbesar di benua Afrika,” kata Dubes Al Busyra Basnur. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team