Trending News

Hari Jerman Bersatu, KJRI Frankfurt Gelar Warung Konsuler

Jakarta, Dutanusa.com. Bertepatan dengan hari peringatan Jerman bersatu yang jatuh pada hari Minggu, 3 Oktober 2021, KJRI Frankfurt kembali menggelar Warung Konsuler, yaitu program inovasi pelayanan terpadu (one-stop service) di luar jam kerja untuk menjangkau warga negara Indonesia (WNI) yang bertempat tinggal jauh dari kota Frankfurt.

Menurut siaran pers KJRI Frankfurt yang diterima redaksi Dutanusa.com, Warung Konsuler menyediakan layanan pembuatan paspor, surat keterangan pencatatan kelahiran di luar negeri, legalisasi dokumen, dan lain-lain. Dalam Warung Konsuler, para WNI juga dapat berkonsultasi mengenai isu-isu keimigrasian, kependudukan dan kewarganegaraan.

Kali ini, Warung Konsuler diselenggarakan di kotaFriedrichshafen, negara bagian Baden-Württemberg yang berjarak sekitar 220 km dari Frankfurt. Penyelenggaraannya didukung oleh Freunde Indonesiene.V., salah satu organisasi masyarakat Indonesia yang aktif mempromosikan pertukaran budaya Indonesia dan Jerman.

Tidak hanya WNI yang berdomisili di Friedrichshafen yang memperoleh layanan Warung Konsuler, melainkan juga dari kota sekitar, seperti Uhldingen dan Lindenberg. Diantara WNI yang mendaftar, terdapat empat orang bayidan anak-anak berkewarganegaraan ganda yang mengajukan pembuatan paspor RI pertama kali.Sangat puas dengan pelayanan Warung Konsuler… Anak-anak juga merasa nyaman,” ujar ibu Umi, yang mengantarkan kedua orang anaknya untuk mendapatkan pelayanan paspor.

Acep Somantri, Konsul Jenderal RI turut meninjau jalannya Warung Konsuler, dan berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan sejumlah WNI yang datang.

Sebagai salah satu langkah pelindungan WNI selama pandemi Covid-19, KJRI Frankfurt juga telah membagikan paket masker, vitamin dan hand sanitizer kepada seluruh pemohon layanan Warung Konsuler.

Warung Konsuler menerapkan protokol kesehatan yang lengkap. Seluruh pemohon yang datang wajib mempunyai hasil rapid test negatif Covid-19, sudah divaksin penuh, atau telah sembuh dari Covid-19 sesuai ketentuan di Jerman.

Friedrichshafen merupakan salah satu kota perbatasan dan terletak di tepi danau Konstanz yang berbatasan dengan tiga negara: Jerman, Swiss dan Austria.

Wilayah Kerja KJRI Frankfurt mencakup enam negara bagian yang terletak  di sebelah selatan Jerman yaitu Hesse, Baden Württemberg, North Rhine Westphalia, Bavaria, Rhineland Palatinate dan Saarland. Jumlah WNI di wilayah kerja KJRI Frankfurt tercatat 14.305 orang. Ini merupakan jumlah terbesar di wilayah Eropa setelah Belanda dan Inggris. (Kev).

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team