Trending News

Kisah Perjuangan “Kartini, Princess of Java” Warnai “One Night with Wonderful Indonesia” Event di KBRI Beijing

Jakarta, Dutanusa.com. KBRI Beijing bekerjasama dengan Diplomatic Network Beijing telah sukses melaksanakan kegiatan “One Night with Wonderful Indonesia” pada 30 September 2021. Sebagaimana dikutip dari siaran pers KBRI Beijing, Acara ini mengambil tema promosi budaya, pariwisata, produk serta pengenalan platform digital hiburan daring milik anak bangsa @bioskoponlineid melalui limited movie screening film “Kartini, Princess of Java”.

Tema inklusivitas, emansipasi, edukasi serta pemberdayaan perempuan yang kental dalam film “Kartini, Princess of Java” diangkat dan dikemas oleh KBRI Beijing dalam konteks promosi budaya, kuliner, dan kemajuan industri kreatif perfilman Indonesia melalui limited movie screening bagi 40 diplomat asing yang merupakan anggota Diplomatic Network Beijing.

Diplomatic Network Beijing adalah organisasi informal yang mewadahi berbagai kegiatan kebudayaan bagi seluruh diplomat asing di Beijing dengan jumlah anggota 384 orang. Kegiatan limited movie screening serupa pernah dilaksanakan di Kedubes Bulgaria dan Pusat Budaya Hungaria di Beijing. Namun baru kali ini sebagian tamu yang datang menyatakan kesan mendalam setelah menyaksikan film berdurasi 112 menit tersebut.

Akting Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran R.A. Kartini telah berhasil memicu gejolak emosi 40 diplomat asing dalam kepiawaiannya berperan sebagai anak perempuan ningrat yang secara intens melalui proses “pingitan” dan melalui jalan panjang perjuangan mencapai kesetaraan. Sebagian besar pengunjung mengapresiasi pilihan film yang ditayangkan karena beberapa baru kali pertama menyaksikan film Indonesia yang begitu sarat makna.

 

The movie was very touching and really gave us food for thought” ujar Maria Ivanova dari Kedubes Bulgaria.

 

Terima kasih banyak! We really enjoyed our first DNB event and Indonesian hospitality.” ucap Liana Bianchi dari Kedubes Italia.

 

Terima kasih banyak KBRI Beijing untuk film yang fantastis! Kartini memberikan banyak inspirasi! Indonesia sangat indah! Perempuan dan laki-laki adalah sama, agama adalah sama, bhinneka tunggal ika.” ujar Danny Whitehead dari Kedubes Inggris yang fasih berbahasa Indonesia dan tak pernah melupakan kenangan 8 tahun lalu penempatan di Jakarta pada tahun 2010-2013.

 

Turut hadir Ibu Sih Elsiwi Oratmangun selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Beijing mendampingi Mdm. Constantinescu (istri Dubes Rumania) beserta putrinya dalam kegiatan ini sebagai tamu kehormatan.

Sebagai pelengkap, sajian bihun goreng vegetarian, kroket daging serta dadar gulung pun dinikmati oleh seluruh diplomat asing diantaranya dari AS, EU, Rumania, Srilanka, Bulgaria, Brunei Darussalam, UNHCR, Kanada, Turki dan lainnya yang hadir pada Kamis malam, 30 September 2021.

Beberapa trailers film Indonesia seperti “Susi Susanti, Love All” dan “A Man Called Ahok” yang sebelumnya telah rilis pada Beijing International Film Festival 2021 sukses menumbuhkan rasa penasaran atas film Indonesia bagi para penonton. Seluruh pengunjung juga mengenal lebih jauh platform digital daring Bioskop Online ID yang harapannya dapat dinikmati para pecinta film Indonesia di Beijing. Tur Windows of Indonesia sebagai ruang promosi produk Indonesia yang eksis di pasar Tiongkok pun ramai dengan ketertarikan produk bagi seluruh tamu yang hadir.

Menutup acara, Koordinator Fungsi Pensosbud, Dewi Avilia berharap bahwa “One Night with Wonderful Indonesia” tak hanya menjadi sarana promosi keindahan budaya dan pariwisata Indonesia saja, namun sebagai sarana promosi nilai karakter bangsa seperti semangat kebhinekaan, inklusivitas serta pemberdayaan perempuan yang selalu dijunjung tinggi dan menjadi karakter kuat bangsa Indonesia. Komitmen ini diperkuat KBRI Beijing dalam terus berupaya mengintegrasikan promosi budaya dengan promosi nilai karakter bangsa untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya di masa mendatang (Thie).

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team