Trending News

Seni dan Budaya Indonesia Jembatan Diplomasi Antar Bangsa

Jakarta, Dutanusa.com.  Seni dan budaya Indonesia kian berperan dalam diplomasi Indonesia. Hal ini terlihat semakin banyak kegiatan promosi seni dan budaya Indonesia yang dilakukan oleh perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, lembaga seni dan budaya internasional serta pemberian beasiswa Indonesia kepada pemuda internasional.

“Seni dan budaya adalah jembatan persahabatan antar bangsa. Seni dan budaya tidak mengenal batas teritorial negara, bersifat mempersatukan dan memberi kedamaian, karena menjadi selera global,” kata Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Sabtu (2/10).

Hal itu disampaikan Dubes Al Busyra dalam forum webinar dengan tema Melunasi Janji Merdeka, Pengabdian Generasi Z di Era Disrupsi, yang diselenggarakan oleh Mahardika Muda, organisasi anak-anak muda kreatif Indonesia.

Lebih lanjut, Dubes Al Busyra mengatakan bahwa pemerintah dan elemen-elemen non-pemerintah di Indonesia perlu meningkatkan promosi seni dan budaya Indonesia di luar negeri.

Selain itu, wilayah dan negara-negara penerima bea siswa seni dan budaya Indonesia perlu diperluas, terutama di benua Afrika. “Tentu saja menyesuaikan dengan pandemi Covid-19,” kata Dubes Al Busyra.

Indonesia memberi beasiswa bidang seni dan budaya kepada mahasiswa internasional, diantaranya Beasiswa Darmasiswa RI dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia.

“Namun yang lebih penting lagi adalah upaya bersama mendorong generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kecintaan mereka terhadap seni dan budaya sendiri, sehingga seni dan budaya Indonesia terpelihara dan lestari,” tambahnya.

“Jangan sampai terjadi, disaat kita mempromosikan seni dan budaya Indonesia ke luar negeri, generasi muda kita kurang perhatian terhadap seni dan budaya sendiri,” kata Dubes Al Busyra.

Sementara itu, tokoh pers nasional, Hasril Chaniago yang juga berbicara pada forum tersebut membahas tentang pentingnya nilai-nilai seni dan budaya Indonesia dilihat dari aspek sejarah dan penerapannya bagi generasi muda Indonesia.

“Indonesia memiliki seni dan budaya tinggi yang banyak dipelajari dan dicontoh oleh masyarakat di berbagai negara di dunia, baik di Eropa maupun Amerika,” kata Hasril. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team