Trending News

Indonesia dan IAEA Kerjasama Daur Ulang Sampah Plastik

Jakarta, Dutanusa.com.  Dalam kunjungan kepada DirjenBadan Tenaga Atom Dunia (IAEA), Rafael Mariano Grossi, di Wina, Austria (27/09/2021), Dubes RI untukAustria dan PBB, Dr. Darmansjah Djumala membicarakankerjasama Indonesia-IAEA untuk mendaur ulang sampahplastik dengan menggunakan teknologi nuklir.

Indonesia telah menyatakan komitmennya untukbekerjasama dengan IAEA dalam pemanfaatan teknologiradiasi nuklir untuk mengatasi permasalahan limbahplastik. Melalui implementasi proyek NUTEC Plastics yang digagas Dirjen IAEA Grossi, Indonesia akanmengembangkan pemanfaatan teknologi nuklir dalamsektor pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakuindustri dengan nilai ekonomi tinggi, serta dalam sektorpemantauan mikro plastik di lautan. Kerjasama strategisini akan menjadikan Indonesia sebagai negara percontohan di kawasan.

Diungkapkan Dubes Djumala, kehadiran Menteri LHK RI, Ibu Siti Nurbaya dalam forum High Level Roundtable Discussion IAEA, Mei 2021, menunjukkan komitmen kuatpemerintah Indonesia untuk memanfaatkanproyek NUTEC Plastics IAEA. Indonesia akan menjadipercontohan bagi negara lain dalam pemanfaatanteknologi nuklir dalam daur ulang limbah plastik untukdimanfaatkan oleh industri.

Lebih lanjut, Dubes Djumala menyatakan kesiapanPemerintah Indonesia untuk melibatkan peran sektorindustri nasional dalam implementasi kerjasama ini, termasuk dalam tahap pengembangan dan transfer teknologi. Pelibatan ini akan menjamin teknologi yang dikembangkan akan sesuai dengan kebutuhan sektorindustri nasional, serta menjamin pemanfaatannya secaraberkelanjutan

Dirjen IAEA dalam pertemuan ini menyampaikan apresiasiatas peran aktif yang diambil Indonesia dibawahkepemimpinan Dubes Djumala sejak tahap perencanaanproyek NUTEC Plastics. Indonesia dinilai telahmemberikan masukan penting kepada IAEA, khususnyamengenai tantangan utama penanganan limbah plastik di kawasan yang dapat memberikan solusi bagipengurangan limbah plastik di daratan. Apresiasi juga disampaikan untuk komitmen kuat yang ditunjukkan oleh Indonesia dalam pembahasan teknis program yang ditargetkan mulai diimplementasi penuh pada awal tahun2022.

Dalam kesempatan pertemuan dengan Deputi Dirjen IAEA bidang Aplikasi Nuklir, Najat Mokhtar, Dubes Djumala juga menyampaikan komitmen Indonesia melanjutkanpembahasan teknis implementasi kerjasama plastikdengan pelibatan pemangku kepentingan tingkat nasionaldari lintas kementerian dan lembaga, serta sektor privat.

Pemerintah Indonesia berkomitmenmengintegrasikan resource yang dimiliki untukmendukung implementasi kerjasama ini, melalui peranaktif kementerian dan lembaga pada sektor terkait. Komitmen ini akan dilanjutkan dengan pelibatan sektorindustri nasional sejak tahap pengembangan dan transfer teknologi.” imbuh Djumala kepada Deputi Dirjen IAEA.

Deputi Dirjen IAEA menyampaikan apresiasi atas inisiatifaktif Indonesia dibawah kepemimpinan Dubes Djumala, khususnya dalam mendorong keterlibatan sektor industridalam implementasi proyek NUTEC Plastics. Keterlibatanindustri nasional dalam transfer teknologi merupakantahapan yang sangat esensial yang memastikan teknologinuklir dapat digunakan dalam rantai produksi plastiksecara berkelanjutan. Lebih jauh Najat Mokhtar  mengatakan pihaknya telah menerima masukan dari para pakar nuklir Indonesia bahwa teknologi yang akandigunakan akan mampu mendorong produksi komoditasplastik bernilai ekonomi tinggi dan ramah lingkungan, seperti material konstruksi dan bangunan modern.

Indonesia telah menyampaikan rencana kerjaimplementasi program NUTEC Plastics kepada IAEA dalam 2 (dua) lingkup area, yaitu untuk pengolahanlimbah plastik daratan menjadi bahan baku industridengan nilai ekonomi tinggi serta  limbah mikroplastik di lingkungan laut. Kedua area kerjasama ini memilikipotensi menjadikan Indonesia sebagai mitra strategisIAEA di kawasan khususnya sebagai negara percontohanbagi negara-negara lain. (Kemenlu)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team