Trending News

Dubes Al Busyra Basnur: Perkaya Program Diplomasi Bahasa dan Seni Indonesia

Addis Ababa, Dutanusa.com. Pemerintah Indonesia sangat aktif dan sukses menyelenggarakan kegiatan diplomasi bahasa dan seni budaya baik melalui program yang diselenggarakan di dalam maupun di luar negeri. Ribuan pemuda internasional belajar di Indonesia melalui program beasiswa Indonesia. Ribuan lainnya berkumpul dan belajar di perwakilan RI di luar negeri. Namun, mempelajari bahasa dan seni Indonesia itu saja tidak cukup.

 

 

“Pengetahuan sahabat muda Indonesia di luar negeri itu harus diperkaya dan diperkuat dengan keterampilan dan keterlibatan mereka di dalam proyek-proyek kolektif yang benar-benar membuat mereka membutuhkan dan berpartner dengan Indonesia serta berbuat bersama Indonesia untuk kepentingan global”, kata Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika ketika berbicara pada webinar internasional mengenai diplomasi bahasa dan seni Indonesia, Selasa (28/9).

Acara yang dihadiri hampir 300 peserta itu diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES), bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI Addis Ababa dan Kedutaan Besar RI, Vientiane.

Beberapa program beasiswa Indonesia yang diberikan kepada sahabat muda Indonesia di luar negeri antara lain Darmasiswa RI, Kemitraan Negara Berkembang (KNB), dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

 

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Laos, Dr. Pratito Soeharyo antara lain mengatakan bahwa KBRI Vientiane sangat aktif menyelenggarakan kegiatan diplomasi bahasa dan seni Indonesia, termasuk mengadakan berbagai pelatihan yang difasilitasi oleh KBRI.

Dubes Pratito juga menekankan pentingnya upaya meningkatkan pemberian beasiswa seni dan budaya kepada mahasiswa asing. “Dengan memiliki pengetahuan seni dan budaya Indonesia, tentu pemahaman mereka terhadap Indonesia semakin baik untuk kemudian bisa mengembangkan kerjasama di bidang-bidang strategis yang lain,” kata Dubes Pratito. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team