Trending News

Dubes Al Busyra Basnur Dorong Kerjasama Internasional Sekolah Menengah Indonesia

Addis Ababa, Dutanusa.com. Indonesia perlu mendorong dan meningkatkan kerjasama antar sekolah tingkat menengah dengan negara-negara sahabat di berbagai dunia dengan melibatkan pelajar dan guru.

Kerjasama antar sekolah menengah tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas pelajar, guru dan sekolah, juga bagi bangsa Indonesia dan masyarakat dunia. Sebab, dalam diplomasi, terutama diplomasi publik, aktor non-pemerintah memainkan peranan yang sangat penting untuk menciptakan persahabatan dunia.

Hal itu dikatakan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika dalam keynote speech yang disampaikan pada Online International Forum Group Discussion: Global Partnership for Secondary School, Selasa (28/9).

Forum internasional yang dihadiri sekitar 150 peserta dari Indonesia, Thailand dan Rusia tersebut diselenggarakan oleh Universitas Pancasaksi Tegal bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Selain Dubes Al Busyra Basnur, hadir sebagai pembicara adalah Mariena Gennadivna Petrova, Deputi Gymnasia 11, Samara, dari Russia dan Dr. Dunyarat Boyoosooh, Wakil Walikota Nathawinok sekaligus Kepala Private Schools, Songkhla,Thailand.

Acara dibuka oleh Rektor Universitas Pancasakti Prof. Dr. Fachrudin, M.Pd., dan Kepala SMKN 1 Adiwerna, Imron Effendi, S.P., M.Pd.

 

Lebih lanjut, Dubes Al Busyra mengatakan bahwa ke depan, persahabatan dan kerjasama antar sekolah menengah di berbagai negara akan semakin penting dalam rangka meningkatkan people to people contact dan menyelenggarakan proyek-proyek bersama yang berkaitan dengan isu-isu global.

“Karena itu, KBRI Addis Ababa sejak 8 April 2021 menyelenggarakan dua kali program yang melibatkan pelajar internasional, diantara Internasional Indonesia Ethiopia Students Correspondence Program (IIESCOP) dan webinar internasional. Program tersebut melibatkan ratusan pelajar Indonesia dan Ethiopia,” kata Dubes Al Busyra.

IIESCOP ke-3 akan diselenggarakan Oktober 2021. Sejumlah pelajar sekolah di Eropa dan Amerika Serikat juga mengatakan keinginan untuk ikut bergabung dengan IIESCOP tersebut. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team