Trending News

Kemudahan Iklim Investasi di Indonesia

Jakarta, Dutanusa.com. Dalam pertemuandengan Federation of Thai Industries (17/09/2021), Indonesia menyampaikan berlakunya Omnibus Law tahun2020 akan memudahkan investasi di Indonesia. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman, dan Ketua Federation of Thai Industries (FTI).

​“Investor Thailand harus memanfaatkan kemudahaninvestasi di Indonesia seiring semakin kondusifnya ikliminvestasi di tanah air saat ini,” ujar Dubes Rachmat. SelainOmnibus Law, Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha BerbasisRisiko juga akan mempermudah investor asing dalammelakukan kegiatan investasi di Indonesia. Duta Besarmenegaskan bahwa kedua peraturan tersebut juga memberikan keleluasaan kegiatan bisnis melalui zona ekonomi spesial (Special Economic Zones) yang telahditetapkan dan meliputi bidang produksi; logistik dan distribusi; pengembangan teknologi; pariwisata; kesehatan; pendidikan; energi; dan bidang ekonomilainnya.

FTI mengharapkan agar ada forum khusus untukmendiseminasikan kedua peraturan ini kepada seluruhanggota FTI yang terdiri lebih dari 13.000 perusahaan. FTI juga mengharapkan agar aspek-aspek yang terkaitdengan ease of doing business di Indonesia juga didukung dengan berbagai kemudahan ketentuanperjalanan keluar-masuk Indonesia bagi para pengusahaThailand.

Duta Besar RI dan Ketua FTI sepakat bahwa modalitashubungan kerja sama yang telah berjalan  baik selama inimerupakan landasan kokoh bagi kedua negara untukmelewati masa sulit situasi pandemi COVID-19. Diharapkan kerja sama business to business tersebutdapat terus meningkat guna memperkuat hubungan keduanegara terutama di bidang perdaganan dan investasi.

FTI merupakan organisasi nirlaba yang berdiri sejak tahun1997 dan merupakan pengembangan dari Thai Industrial Association (1967). Tujuan pendirian organisasi ini adalahuntuk mendukung pengembangan dan penguatan sektorindustri di Thailand sebagai bagian dari pembangunanekonomi nasional Thailand yang berkelanjutan dan juga peningkatan daya saing di tingkat global. (Kemenlu)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team