Trending News

Wamenkes Dorong Pemda Lakukan Terobosan untuk Percepat Vaksinasi Bagi Masyarakat Rentan

Jakarta, Dutanusa.com. Pemerintah terusmengintensifkan program vaksinasi nasional dengantarget 208 juta penduduk untuk segera mencapaikekebalan komunal atau herd immunity. Terkait haltersebut, pemerintah juga meminta daerah untukmelakukan terobosan untuk meningkatkan cakupanvaksinasi bagi masyarakat rentan, khususnya kelompoklanjut usia (lansia).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono saatmemberikan keterangan pers menyambut kedatanganvaksin COVID-19 tahap ke-56 dan 57. “Kami juga mengimbau pemerintah daerah untuk mencari terobosan-terobosan baru agar mendorong percepatan vaksinasibagi kelompok masyarakat usia lanjut dan masyarakatdengan penyakit penyerta atau masyarakat rentan,” ujarDante.

Wamenkes mengungkapkan, jumlah penduduk lansiayang sudah divaksinasi masih jauh tertinggal darikelompok masyarakat lain. Dante juga meminta dukungandari seluruh elemen masyarakat agar siapapun tidaktertinggal dalam program vaksinasi nasional. Selain itu, iajuga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalammenerapkan protokol kesehatan meskipun jumlah kasusaktif dan angka kematian akibat COVID-19 menurun. “Jangan sampai lonjakan kasus kembali terjadi. Negara-negara tetangga kita seperti Malaysia dan India bahkanSingapura saat ini kembali mengalami lonjakan kasuskarena pelanggaran protokol kesehatan,” ujarnya.

Kebijakan Pemberlakukan Pembatasan KegiatanMasyarakat (PPKM) yang saat ini masih berlangsung, imbuh Dante, bertujuan agar Indonesia tidak kembalimengalami lonjakan kasus. “Kita  harus mematuhikebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah karenabertujuan untuk kebaikan kita bersama. Insyaallah denganikhtiar bersama dari segenap pihak kita dapat melewatipandemi ini dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengungkapkan, berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO perkembangan jumlahkasus COVID-19 secara global telah melewati 223 jutakasus dengan angka kematian mencapai lebih dari 4,6 juta kasus.

Jumlah kasus baru relatif stabil dalam satu bulan terakhir. Tren penurunan terjadi di tiga kawasan WHO di dalamsatu minggu terakhir, yaitu Afrika, Asia Tenggara, dan Mediterania Timur, sebaliknya tren kenaikan terjadi di kawasan Amerika,” ungkap Retno. Menlu pun bersyukurkarena Indonesia termasuk salah satu negara yang terusmengalami tren penurunan. “Di dalam beberapa hariterakhir, positivity rate nasional berhasil turun di bawahangka lima persen yang merupakan ambang batas WHO.

Pada saat bulan Juli yang lalu, saat kita mengalami kasusyang sangat banyak sekali, positivity rate nasional kitamelampaui 31 persen,” ujarnya. Seperti yang disampaikanMenlu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus juga mengungkapkan bahwa pada beberapa negara dengan tingkat vaksinasitinggiterjadi terputusnya hubungan atau decoupling antara kenaikan kasus dengan tingkat kematian akibatCOVID-19. “Artinya, meskipun terjadi lonjakan kasusnamun tidak diikuti dengan kenaikan rawat inap dan juga kematian. Ini membuktikan bahwa vaksinbekerja, vaccine works,” ujarnya.

Oleh karena itu, Retno kembali mengajak seluruhmasyarakat Indonesia untuk mendukung program vaksinasi nasional yang digulirkan pemerintah. Mesindiplomasi Indonesia, tegasnya, juga akan terus bergerakdengan kecepatan penuh untuk memenuhi kebutuhanvaksin nasional dan menyuarakan akses yang adilterhadap vaksin untuk semua negara. “Dukungan semuarakyat Indonesia dengan melakukan vaksinasi dan disiplinprotokol kesehatan sangat diperlukan. Ayo vaksinasi dan kita jalankan protokol kesehatan,” pungkas Menlu.*(Setkab)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team