Trending News

SAHABAT INDONESIA PENCINTA BATIK DI BELANDA


Laporan : Ine WowoRuntu.
Dutanusa.com, Belanda

Bahwa Batik Indonesia sudah lama dikenal di negeri Belanda terbukti dengan adanya pabrik batik Vlisco berbasis di kota Helmond, propinsi Noord/Brabant. Didirikan pada tahun 1846 oleh pengusaha Belanda, P. Fentener van Vlissingen & Company, yang kala itu merancang  motif  yang dipengaruhi oleh batik Indonesia.

Sampai hari ini batik Indonesia masih sangat diminati oleh masyarakat Belanda, salah satunya adalah Sabine Bolk, seorang seniman visual dan peneliti batik. Dia tidak berdarah Indonesia, tetapi mewarisi kecintaan terhadap Indonesia dari kakek dan neneknya yang juga mencintai Indonesia.

Pada bulan Agustus 2021 yang lalu Sabine memberikan kursus membatik di Rotterdam untuk Summer School of “All You Can Art” atas undangan seniman Pris Roos dan Liesbeth Labeur. Selama tiga minggu

Sabine memberikan kursus membatik secara lengkap, bukan hanya teknik membatiknya, tetapi juga latar belakangnya dan makna dari motifnya. Para peserta kursus mengikuti dengan sangat antusias. Sabine juga memberikan kebebasan kepada mereka untuk membuat motif yang mereka sendiri sukai sehingga dengan demikian tidak hanya mengkopi dari budaya lain.

Ada beberapa peserta yang bertanya apabila mereka menggambar motifnya sendiri apakah hal itu merupakan perampasan budaya. Sabine menjelaskan bahwa para pembuat batik di Indonesia ada juga yang membuat batik dengan motif yang menggambarkan alam sekitar tempat tinggalnya. Para peserta kursus juga mendapatkan kesempatan untuk membatik dengan canting. Mereka sangat senang dan ingin lebih memperdalam teknik membatik dan pengetahuan mengenai Indonesia.

‘Membuat batik tulis tentukan tidak mudah, namun semua peserta kursus telah membuat karya batik yang bagus-bagus dan mereka sendiri sangat puas dan bangga akan hasil karya mereka. Saya sangat senang melihatnya,’ ujar Sabine.

“All You Can Art” adalah sebuah kegiatan kesenian yang besar yang diadakan untuk mempromosikan karya seni dan kegiatan terkait seni  yang diadakan di gedung Kunsthal Rotterdam salah satu ikon arsitektur modern. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team