Trending News

Situs Kinderdijk Tempat Pusaran Air di Lanskap Belanda

Laporan: Ine WowoRuntu
Dutanusa.com (Belanda)

Belanda, Dutanusa.com. Karena letak geografis negaranya yang berada di bawah permukaan laut, masyarakat dan penghuni negeri Belanda terbiasa hidup, melawan dan bekerja sama dengan air selama berabad-abad.

Di kota Kinderdijk terdapat polder, tanggul dan banyak kincir angin yang memberikan pemandangan yang sangat indah bagi para pengunjung. Bila kita berjalan-jalan  di tanggulnya, dari Kinderdijk ke arah Ablasserdam,  dengan jelas bisa dilihat bahwa negeri Belanda berada di bawah permukaan laut. Di sebelah kanan kita bisa melihat kapal yang mengangkut barang dari pelabuhan Rotterdam menuju wilayah selatan lebih tinggi letaknya daripada rumah-rumah yang terletak di sebelah kiri tanggul.

Dahulu Kinderdijk adalah daerah rawa yang sangat rawan banjir. Hujan deras, penurunan tanah, tanggul yang jebol dan manajemen yang salah telah menyebabkan banyak bencana. Pada tahun 1277 seorang Bangsawan bernama Floris Kelima (Graaf Floris V) mengajak para bangsawan lainnya yang berkuasa disekitar situ untuk bersatu mengatasi masalah banjir di wilayah mereka. Pemilihan diadakan untuk membentuk dewan. Bentuk kerjasama demokratis antara berbagai dewan air ini telah menjadi dasar manajemnen air di negara Belanda sampai sekarang yang dikenal dengan nama Rijkswaterstaat en de waterschappen.

Situs Kinderdijk yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia ini merupakan salah satu destinasi wisata bukan hanya bagi masyarakat Belanda, namun juga bagi masyarakat internasional termasuk turis dari Indonesia.

Bagi siswa Indonesia yang mengikuti Immersion Program, mengunjungi situs Kinderdijk bukan hanya berwisata, namun ada banyak hal lain yang bisa dipelajari mengenai manajemen air. Dari 19 kincir angin yang ada di Kinderdijk ada satu yang dijadikan museum dan lainnya masih didiami sebagai rumah tinggal. Hampir di setiap rumah kincir angin setidaknya ada satu orang yang memiliki ijazah Molenaar yang bisa mengendalikan pusaran air di Kinderdijk Warisan Dunia UNESCO. Mereka berwenang untuk memusarkan air dengan mesin yang sangat mengesankan. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team