Trending News

Menjadi ilmuwan rempah-rempah Indonesia di negara Belgia


Oleh : Sidi Rana Menggala
Peneliti, ilmuwan dan advokator perubahan produksi hasil pertanian Indonesia. Sedang memperdalam ilmu pengetahuan di tingkat doktoral di universitas Gent Belgia sejak 2017.

Belgia adalah negara kedua tempat tinggal saya, dimana saya menemukan berbagai kemudahan dan banyak pengalaman baru. Tentunya sebagai seorang mahasiswa pendatang, pada awalnya serba tidak mudah, terutama karena minimnya dana bulanan yang diperoleh dari pemberi beasiswa. Ini juga berakibat pada berbagai penolakan untuk menyewa tempat tinggal yang tidak murah tentunya. 

Peristiwa ini terjadi pada kwartal pertama tahun 2017, dimana hal ini krusial untuk melengkapi reunifikasi keluarga dengan memiliki tempat tinggal sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Untungnya, hal ini tidak menjadi penghalang bagi saya yang memiliki kemampuan berbahasa Belanda yang saya pelajari ketika tinggal di negeri Belanda pada masa kecil. 

Hari berganti minggu. Minggu berganti bulan. Saya semakin jatuh cinta pada negara yang luas wilayahnya lebih kecil dari provinsi Jawa-Barat. Disamping itu, hubungan bilateral antara Indonesia dan Belgia sudah berlangsung dengan baik lebih dari 70 tahun, memberi kesempatan kepada saya untuk mengaktualisasikan pengetahuan di bidang rempah-rempah yang saya peroleh selama penelitan di universitas. Ini pula yang kemudian memudahkan saya untuk menjalin kemitraan dengan berbagai instansi dan korporasi di tanah air, Indonesia. 

Hingga kini, tingkat kepedulian dan kecintaan saya terhadap tanah air tidak pernah pudar. Setidaknya dalam misi keilmuwan, saya berkunjung ke Indonesia 2 kali dalam setahun. Dari Sabang hingga Merauke, saya melakukan berbagai ekspedisi dan berbagi pengetahuan di perguruan tinggi Indonesia. Tujuan saya adalah untuk merevitalisasi pengetahuan para ilmuwan di Indonesia dengan pola berfikir “outside of the box”. Tentu mengubah suatu kebiasaan tidaklah mudah, dan dengan dukungan penuh dari professor saya, kelelahan itu akhirnya menjadi sebuah bola penyemangat untuk terus berlangkah ke hari esok.

Penelitian tentu harus memiliki dampak langsung kepada keberlanjutan secara nyata, dalam hal ini rempah-rempah, sesuai dengan bidang dan keahlian saya. Pengalaman dan perjuang dari kunjungan ke desa-desa, hutan-hutan, kemudian naik tingkat ke pertemuan tingkat kecamatan, dilanjutkan pelaksanaan seminar dan konferensi, misi dagang dan promosi, hingga realisasi standar nasional Indonesia (SNI). Bisa dilihat video saya: https://www.sciencefiguredout.be/story-cinnamon dan juga berbagai aturan kemudahan distribusi suplai rempah terbentuk dalam kelompok tani. 

Ke-ilmuwan saya kemudian dipercaya oleh UNESCO Jakarta untuk mempromosikan visi-misi perubahan daya produktifitas rempah-rempah. Dilain kesempatan, dari motivasi saya untuk rempah-rempah, utamanya komoditas Kayu Manis mendapatkan berbagai partner baru, yaitu dari BPTP Provinsi Jambi, Rikolto Indonesia, Dewan Rempah Indonesia (DRI), KPHP Kabupaten Kerinci, D’cinnamons, RKCC,IDN-NL, FACT-Indonesia dan Kerinci Agro. Semua itu akhirnya menjadi langkah selanjutnya dalam perjuangan saya sebagai peneliti, kemudian menerjemahkan semua itu menjadi sebuah unit usaha kecil-menengah bernama Spice Land Indonesia berbasis di Belgia yang mempromosikan rempah-rempah dari Indonesia. 

Kedatangan saya ke Belgia pada Februari 2017 dengan sebuah tas punggung dan 1 koper menjadi sebuah komitmen saya untuk terus berinovasi dan membantu Indonesia di kancah global untuk rempah-rempah. Karena itu, CinnamonTalk, dalam webinar bentuk live diskusi yang dilakukan secara rutin hadir menemani saudara-saudara di tanah air untuk mendengarkan langsung para nara-sumber untuk kemudahan akses rempah-rempah di pasar global dan upaya-upaya peningkatan dan perbaikan rantai suplai sejak tahun 2018.

Walaupun perjalanan masih panjang untuk rempah-rempah Indonesia, namun minat Belgia, baik secara ilmu pengetahuan maupun komersial cukup tinggi. Selama matahari masih terbit di Indonesia, Belgia membutuhkan saya hadir untuk membantunya. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team