Trending News

Masyarakat Belanda Sangat Tertarik Untuk Belajar Bahasa Indonesia

Laporan : Ine WowoRuntu
Dutanusa.com, Belanda

Belanda, Dutanusa.com. Dari masa ke masa Bahasa dan Budaya Indonesia menarik perhatian bukan hanya para akademisi, namun juga masyarakat Belanda.

Masyarakat Belanda sangat tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia. Hal ini antara lain bisa dilihat dari maraknya institusi atau lembaga yang menawarkan kursus Bahasa Indonesia sejak lama seperti Volksuniversiteit dan  Instituut Indonesische Cursussen yang memiliki cabang di berbagai kota di Belanda.

Alasan masyarakat Belanda belajar Bahasa Indonesia sangat bervariasi, ada yang ingin belajar Bahasa Indonesia karena pekerjaannya, karena orangtua atau kakek yang pernah bertugas di Indonesia, karena masih berdarah Indonesia atau karena mempunyai pasangan orang Indonesia.

Sejak tahun 2018 Atase Pendidikan dan Kebudayaan dari KBRI Den Haag, Din Wahid, mengkoordinir kelas Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di beberapa kota di Belanda, antara lain di kota Wassenaar, Rotterdam, Breda dan Best. Masing-masing kota dengan tutor yang berbeda.

Kursus BIPA ini mendapatkan respon yang sangat postif dari masyarakat. Meskipun ketika pada awal tahun 2020, saat pandemi COVID-19 merebak, memang berdampak langsung pada kursus BIPA karena lokasi pemberian pembelajaran masih belum menerima pembelajaran tatap muka.

Ada cukup banyak kandidat yang mendaftar sehingga kursus bisa dimulai secara daring dan ketika pelonggaran diumumkan oleh pemerintah Belanda kursus dilanjutkan dengan pertemuan tatap muka.*

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team