Trending News

Masyarakat Indonesia di Belanda Rayakan HUT ke-76 Republik Indonesia

Oleh : Ine WowoRuntu
Kontributor Dutanusa.com Belanda

Dutanusa.com – Tanggal 17 Agustus 2021, bangsa Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun ke-76 kemerdekaan Indonesia setelah kemerdekaan bangsa diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Momen kemerdekaan ini juga dirayakan oleh Perwakilan Republik Indonesia dan diaspora Indonesia di seluruh dunia. Di Belanda, Kedutaan Besar RI (KBRI) Den Haag merayakannya dengan menyelenggarakan upacara bendara pada tanggal 17 Agustus 2021 yang bisa diikuti melalui kanal Youtube KBRI. Selain itu KBRI Den Haag juga mengadakan beraneka-agam perlombaan secara virtual.

Bukan hanya KBRI yang merayakan HUT ke-76 Republik Indonesia, masyarakat Indonesia di Belanda juga sangat bersemangat merayakannya dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan. Antara lain kegiatan yang diadakan oleh Stichting Hibiscus dengan menampilkan kekayaan budaya dalam bentuk tarian tradisional, lagu-lagu, kuliner dan produk-produk buatan UKM dari Indonesia.

Pertemuan yang diberi nama ‘Indonesian Day’ ini selenggarakan pada tanggal 28 Agustus 2021, dengan mematuhi protokol kesehatan dan kebijakan terkini yang berlaku di negeri Belanda, di kota Eindhoven propinsi Noord-Brabant.

Tarian yang ditampilkan mulai dari tari Alang Babega, salah satu kekayaan budaya dari wilayah Sumatera Barat. Tari Alang Babega ini merupakan tarian yang telah lama ada. Busana dan tata rias tari ini sangat terlihat meriah serta gerakan yang menarik serta dinamis. Tarian ini dibawakan oleh Nova Burdo, Rahmida dan Joko Sudibyo dari grup tari Madaloka Dance Studio.

Sementara lagu medley Nusantara yang dibawakan oleh Asty Dewi dan Grace Natalia antara lain mengumandangkan lagu ‘Cinta Indonesia’ dengan liriknya yang sangat menggugah para diaspora yang hadir antara lain ‘Padamu beta t’lah menyatu, padamu beta kan setia membela. Oh tanah tumpah darah nan suci mulia. Inilah janjiku padamu.‘ Teman-teman pecinta Indonesia yang juga hadir sangat antusias mengikuti line dance Indonesia yang dipandu oleh Uli Tax.

”Kami berharap semua yang hadir bisa sedikit melepas rasa kangennya terhadap Indonesia melalui seni dan kuliner Indonesia yang ada hari ini. Juga produk-produk UKM yang sangat melengkapi suasana. Dan nanti bila pandemi telah berlalu bisa berkunjung lagi ke Indonesia,“ ujar Freddy Panggabean, Wakil Duta Besar KBRI Den Haag yang menghadiri acara silahturahmi ini.*

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team