Trending News

Peran Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) Dalam Diplomasi Publik

Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) adalah organisasi profesi yang bertujuan untuk meningkatkan dan memberdayakan kompetensi yang dimiliki ahli dan dosen sesuai dengan bidang ilmu dalam mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi. Selain itu, sesungguhnya peranan ahli dan dosen di dalam penyelenggaraan diplomasi indonesia, khususnya diplomasi publik adalah sangat penting.

Terdapat banyak definisi diplomasi publik. Namun secara umum dan sebagai intinya, diplomasi publik adalah setiap kegiatan yang memperkenalkan dan mempromosikan nilai dan potensi suatu negara kepada dunia internasional, khususnya bangsa dan negara lain, agar bangsa dan negara lain tersebut mengetahui, memahami, bersahabat baik dan dapat diberdayakan kapan saja untuk mendukung kepentingan bangsa dan negara yang melakukan kegiatan itu.

Lalu siapa saja pelaku diplomasi publik tersebut. Secara sederhana, diplomasi publik dilakukan oleh pemerintah dan non-pemerintah.

Pertama, di kalangan pemerintah, diplomasi publik dilakukan oleh pejabat pemerintah, baik pusat maupun daerah yang karena profesi dan penugasan, mereka melaksanakan tugas dan kegiatan diplomasi publik.

Kedua, di kalangan non-pemerintah, antara lain para ahli, dosen, guru, mahasiswa, pengusaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, media pers, media sosial, lembaga masyarakat, artis dan banyak lagi.

Perlu diingat bahwa peranan ahli dan dosen sangat penting dalam diplomasi publik Indonesia, terutama melalui peningkatan kerjasama riset dan pendidikan dengan lembaga-lembaga riset dan pendidikan di luar negeri. Inilah peranan global ahli dan dosen yang senantiasa kita, bangsa Indonesia, selalu harapkan sekarang dan di masa depan.

Beberapa bentuk kerjasama potensial dan yang selama ini dilakukan oleh banyak lembaga pendidikan, yang tentu saja melibatkan ahli dan dosen diantaranya: Joint research, Joint publication, Joint curriculum development, Visiting lecture, Student exchange and scholarship, Sharing experience in community service. Sementara itu selama pandemi, kegiatan virtual meeting menjadi kegiatan strategis dan kian berkembang pesat pula dikalangan lembaga dan instituasi pendidikan antar negara.

Akhirnya, kita harapkan semoga peran, pengabdian dan karya-karya besar dari ahli dan dosen indonesia, khususnya dibawah Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI), ke depan kian terasa dan bermakna untuk kita semua, dalam rangka menciptakan Indonesia yang semakin jaya melalui penyelenggaraan Diplomasi Publik oleh ahli dan dosen Indonesia. (Redaksi) *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team