Trending News

Apa Yang Harus Dilakukan Terhadap Alumni Penerima Beasiswa Indonesia?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sekaligus merupakan pekerjaan penting kita, agar Indonesia benar-benar mendapat manfaat yang lebih besar dari program pemuda dunia yang diselenggarakan oleh Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Indonesia memberikan begitu banyak Beasiswa kepada pemuda dari berbagai negara. Beasiswa tersebut antara lain, Beasiswa Darmasiswa, Kemitraan Negara Berkembang dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia.

Pertama, program yang melibatkan pemuda dunia yang diselenggarakan berbagai pihak di Indonesia melahirkan begitu banyak alumni. Mereka tersebar di berbagai negara dan kawasan. Namun, sulit mengetahui jumlahhnya dengan pasti. Ada yang menyebut angka sekitar 8.000, 10.000, 12.000 dan bahkan lebih. Mereka adalah sahabat Indonesia, yang setiap saat siap membantu dan bersinergi dengan Indonesia baik melalui Perwakilan RI di luar negeri maupun langsung ke pihak-pihak yang mereka kenal di Indonesia. Namun hal itu tidak mudah dilakukan karena sampai saat ini Indonesia belum memiliki data base secara nasional mengingat penyelenggaranya beragam dan tersebar luas. Data base ini penting dan harus bisa diakses secara luas untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat.

Kedua, tidak semua penyelenggara program pemuda di Indonesia yang berkoordinasi, setidaknya memberitahu Kementerian Luar Negeri maupun Perwakilan RI di luar negeri tentang keterlibatan pemuda di suatu negara dalam program yang mereka selenggarakan. Ini penting, mengingat setiap individu yang kenal, menyenangi dan dekat dengan Indonesia apalagi pernah tinggal dan berkontribusi untuk Indonesia adalah potensi yang tidak boleh diabaikan. Dengan mengetahui keberadaan pemuda tersebut di negara akreditasi, Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI akan lebih mudah menjangkau dalam rangka sinerji untuk kepentingan Indonesia dan kerjasama bilateral dengan negara dimana mereka berada. Sementara pemuda tersebut juga akan merasa bahwa kenal dan menjadi sahabat Indonesia itu dihargai dan bermanfaat.

Ketiga, sebaliknya, masyarakat Indonesia terutama pemuda, yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan program perlu memanfaatkan keberadaan pemuda dunia itu sebaik-baiknya dengan membina hubungan jangka panjang. Program BSBI sebagai contoh, menunjukkan bahwa banyak alumni yang punya kaitan lahir batin dengan Indonesia. Banyak sekali diantara mereka yang datang kembali ke Indonesia untuk melakukan berbagai kegiatan lain dengan berbagai pihak dan berkarya untuk Indonesia. Melakukan penelitian, menulis buku, menjadi guru tari, mengajar tentang Indonesia, membuat film dan video, mengarang lagu, menjadi konsultan untuk Indonesia, adalah bagian dari pekerjaan alumni BSBI. Ini tentu perlu kita dorong dan kembangkan juga terhadap alumni program-program pemuda lain yang diselenggarakan Indonesia.

Dengan melibatkan banyak pemuda dunia dalam kegiatan diplomasi, terutama diplomasi publik dan pemberian beasiswa kepada pemuda dari berbagai negara, Indonesia tidak hanya melakukan investasi untuk kepentingan Indonesia. Indonesia juga memberi kontribusi yang besar untuk perdamaian dunia melalui upaya menciptakan persahabatan antar pemuda dunia yang nota bene akan menjadi tokoh dan pemimpin di negara mereka masing-masing. Sebab, pemuda dari berbagai negara tersebut dipertemukan di Indonesia – sebagai hub – melalui program-program kepemudaan internasional. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

1 Comment

  1. Haswan Yunaz

    Wah mantab, pemikiran yang bagus Pak Dubes. betul masa kita dulu banyak program2 kepemudaan yang berorientasi persahabatan antar bangsa ada malindo dll. Mudah2an di kabinet saat ini dan yad dapat muncul kembali. Padahal dananya masih lumayan banyak di LPDP yg kelola sayang Depkeu

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team