Trending News

Selamat Pagi Kementerian Luar Negeri ( Bag.1 )

            Pagi hari, setelah melewati pintu gerbang yang senantiasa dijaga petugas keamanan, saya memasuki halaman kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang terletak di Jalan Pejambon No. 6, Jakarta Pusat. Kantor itu tidak jauh dari Monumen Nasional (Monas) dan stasiun kereta Gambir. Juga dekat sekali dengan Lapangan Banteng yang pada masa lalu lebih dikenal dengan sebutan Lapangan Singa.

            Kantor Kemlu memiliki halaman yang luas, penuh pepohonan besar, rindang dan hijau. Ini membuat udara sekitar menjadi sejuk, suasananya nyaman, enak ditempati, dan sedap pula dipandang mata.

            Seperti biasa, di pagi hari, saya sengaja tiba di kantor sedikit lebih awal untuk menghindari hadang macet yang sering alang kepalang, baik di sepanjang jalan di dalam maupun di pinggir kota Jakarta.

            Sering pula, agar tak tersiksa di jalan yang terkadang macetnya begitu kejam itu, saya berangkat dari rumah jauh lebih pagi lagi. Dengan begitu, saya bisa mencadangkan sedikit waktu untuk memperlancar aliran darah dan meraih kebugaran baru, dengan berolahraga di kantor sebelum membenamkan diri dalam lautan kerja yang luas tanpa batas. Kegiatan yang sama, sering pula dilakukan oleh pejabat dan staf Kemlu yang lain.

            Tempat tinggal saya yang lumayan jauh dari kantor, yaitu di kawasan Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan sana, mengharuskan saya pandai-pandai membagi dan menata waktu. Utamanya dalam menentukan pukul berapa harus berangkat meninggalkan rumah. Dan jalur terbaik mana yang harus saya tempuh untuk menghindari macet.

            Terkadang, macet yang terjadi di kota Jakarta tidak bisa pula diprediksi dengan baik, apalagi benar. Panduan jalur jalan terbaik yang ditayangkan oleh jaringan internet memang sangat membantu, namun terkadang kenyataan di lapangan bisa berubah sewaktu-waktu dan itu terjadi begitu cepat.

            Setelah memarkir mobil di basement gedung, saya segera turun dari mobil. Saya lihat ke sekeliling. Belum banyak kendaraan lain yang parkir di sana.

            Sambil menyandang ransel hitam seharga Rp 250.000 yang saya beli di pasar Roxy, saya melangkah menuju mesin absensi eletronik. Beberapa mesin absensi pintar yang mampu membaca dan membedakan vena setiap pejabat dan staf Kemlu  itu, dipasang di salah satu dinding gedung, persis di samping lift.

            Tiba-tiba seekor kucing meloncat dari salah satu sisi basement. Dengan manja, kucing itu melangkah mendekati kaki saya dan tiba-tiba menggulingkan badannya di lantai. Mencari perhatian rupanya. Secara reflek, langkah saya terhenti. Jangan sampai kucing itu terinjak, apalagi sampai tulangnya patah tujuh dibawah hak sepatu saya buatan Cibaduyut itu.

            Saya tersenyum. Senang sekali saya melihat ulah kucing berwarna belang hitam putih itu. Saya lalu merundukkan badan, menyapa dan mengelus kucing yang tak tahu siapa tuannya. Atau dimana dan dengan siapa ia menghabiskan waktunya tadi malam di bangunan kantor yang pasti sangat sepi dan dingin itu.

            Setelah bertegur sapa sejenak dengan kucing kantor itu, saya melanjutkan langkah memasuki lift dan naik ke lantai dua belas, lantai tertinggi di gedung utama Kemlu. Disitulah saya dan rekan-rekan kerja saya berkantor.

            “Selamat pagi, Nia,” salam saya kepada sekretaris, yang biasa dipanggil Nia, saat saya memasuki ruangan kantor.

            “Selamat pagi juga, Pak,” balas Kurnia, nama lengkapnya.

            “Kamu sudah tiba rupanya.”

            “Iya Pak, seperti biasa, saya naik motor. Lebih cepat. Tidak terhalang oleh macet,” balas Kurnia yang tinggal di kawasan timur Jakarta.

(Bersambung) Baca Selanjutnya

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team