Trending News

Bagaimana Cara Melahirkan Ide Kreatif

Bagaimana Melahirkan ide-ide Kreatif?

Creative-preneur atau creative entrepreneur adalah pengusaha yang mendasari bisnis dari ide-ide kreatif sesuai dengan passion yang lazimnya menggunakan media digital. Creative-preneur tidak bisa dilepaskan dari kalangan anak muda, karena mayoritas creative-preneur adalah pemuda. Dan itu tidak hanya di Indonesia, juga di berbagai negara lain. Mereka memiliki ide kreatif dan berani mengambil langkah besar ke depan, tentu saja dengan perhitungan.

Statistik Pemuda Indonesia tahun 2020 oleh BPS, menunjukkan bahwa 1 dari 4 penduduk Indonesia saat ini adalah pemuda, atau total pemuda Indonesia berjumlah sekitar 64,5 juta jiwa. Tahun 2020-2030 Indonesia akan mengalami pertumbuhan usia produktif hingga 70 persen.

Di era digital sekarang ini, Indonesia memerlukan creative-prenuer yang lebih besar jumlahnya, agar dapat mendorong kemajuan pembangunan nasional lebih cepat, khususnya di bidang ekonomi. Dan tak diragukan, Indonesia sungguh memiliki potensi yang sangat besar untuk melahirkan lebih banyak creative-preneur yang kita inginkan dan harapkan.

Dan terbukti pula, bahwa Creative-preneur menjadi tren positif dalam perekonomian Indonesia. Creative-preneur memberikan kontribusi yang dignifikan dalam perekonomian Indonesia karena mampu membuka lapangan pekerjaan penting dengan berbagai industri kreatifnya.

Creative-preneur sekaligus dapat menjadi alternatif industri konvensional yang membutuhkan modal, sumber daya alam dan manusia yang cukup besar untuk membangun dan mengoperasikannya.

Hal penting lain yang perlu kita pahami bersama bahwa produk yang dihasilkan Creative-preneur tidak stagnant dan selalu up to date. Pemerintah Indonesia, senantiasa mendorong dan memberikan dukungan penuh bagi pengembangan creative-preneur dan industri kreatif.

Dasar kerja creative-preneur adalah kreativitas, karena kreativitaslah yang menuntun seorang creative-preneur memulai konsep bisnisnya, kemudian merealisasikan ide-ide kreatif tersebut.

Persoalan mungkin muncul, atau ada yang ingin bertanya. Bagaimana melahirkan ide-ide kreatif. Atau, bagaimana menemukan passion di dalam diri.

Pertama, buatlah daftar kegiatan harian dan berbagai hal penting yang hendak dicapai pada hari tertentu. Sebelum tidur, coba lihat kembali dan review agenda kegiatan besok hari.

Kedua, perbanyak melihat, membaca, mendengar dan berkomunikasi atau berbicara. Karena melalui setidaknya empat kegiatan itu, kita akan dapat merasakan dan memahami kondisi yang sesungguhnya terjadi atau persoalan yang mungkin akan muncul serta mendapatkan solusi.

Ketika, perluas networking. Sebagai seorang Creative-preneur, networking tidak hanya berperan sebagai mitra kerja. Networking juga berfungsi sebagai sumber informasi yang memberikan berbagai masukan, inspirasi dan ide-ide yang dibutuhkan.

Keempat, carilah waktu yang cukup untuk duduk menyendiri dan merenungkan hal-hal yang selama ini mungkin tidak pernah terlintas di dalam ingatan. Jauhkan diri untuk sementara waktu dari orang lain, bebaskan diri dari suara musik dan kebisingan, dan jauhkan HP atau Laptop yang bisa jadi mengganggu pada saat itu.

Kelima, perhatian dengan cermat alam yang terkembang di sekitar kita. Alam berbicara dan menyampaikan pesan yang sesungguhnya kepada manusia tentang apa yang harus dan tidak harus dilakukan. *

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Reply

Required fields are marked *

Related Posts

Gowork – Senayan City Lv. 15
Jl. Asia Afrika No. Lot. 19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270,
Indonesia

Email : redaksi@dutanusa.com

Informasi

Newsletter

© 2021 All rights reserved​

Made by DutaNusa Team